A.
Konsep Belajar Menurut Islam
Konsep adalah gambaran mental dari obyek,
suatu pemikiran, ide, suatu gagasan proses ataupun yang diluar bahasa yang
digunakan oleh akal budi untuk memahami hal-hal lain. Sedangkan belajar
adalah suatu usaha sadar yang dilakukan oleh individu dalam perubahan tingkah
lakunya baik melalui latihan dan pengalaman yang menyangkut aspek kognitif,
afektif dan psikomotor untuk memperoleh tujuan tertentu.
Konsep pendidikan Islam yaitu suatu ide atau
gagasan untuk menciptakan manusia yang baik dan bertakwa yang menyembah
Allah dalam arti yang sebenarnya, yang membangun struktur pribadinya
sesuai dengan syariah Islam serta melaksanakan segenap aktifitas kesehariannya
sebagai wujud ketundukannya pada Tuhan. Dengan cara menanamkan nilai-nilai fundamental
Islam kepada setiap muslim yang tidak terlepas dari disiplin ilmu. Dalam belajar seorang muslim harus berpedoman
dengan syariat-syariat islam yang telah diajarkan oleh Allah SWT sehingga
seorang muslim belajar sesuai dengan syariat agama islam yang telah diajarkan.
B.
Strategi Belajar-Mengajar Menurut Konsep Islami, sebagai
berikut :
·
Proses belajar mengajar dilandasi dengan kewajiban yang
dikaitkan dengan niat ibadah kepada Allah.
·
Konsep strategi belajar mengajar memerlukan kreativitas
sesuai ajaran islam.
·
Mendidik dengan ketauladanan yang baik.
·
Membutuhkan pembiasaan-pembiasaan untuk mencapai hasil
yang maksimal.
·
Dalam proses pembelajaran belajar-mengajar harus diawali
dan diakhiri dengan do’a.
C. Arti Penting Belajar
Menurut Al-Qur’an
Agama islam sangat
menganjurkan kepada manusia untuk selalu belajar. Bahkan islam mewajibkan
kepada setiap orang yang beriman untuk belajar. Perlu diketahui bahwa setiap
apa yang dikerjakan, pasti dibaliknya terkandung hikmah atau sesuatu yang
penting bagi manusia. Beberapa hal penting yang berkaitan dengan belajar antara
lain:
1. Bahwa orang yang belajar akan mendapatkan ilmu
yang dapat digunakan untuk memecahkan segala masalah yang dihadapinya di
kehidupan dunia.
2. Manusia dapat mengetahui dan memahami apa yang
dilakukannya karena Allah sangat membenci orang yang tidak memiliki pengetahuan
akan apa yang dilakukannya karena setiap apa yang diperbuat akan dimintai
pertanggungjawabannya.
3. Dengan ilmu yang dimilikinya, mampu mengangkat
derajatnya di mata Allah. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia
dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang
penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon.
Stimulus adalah apa saja yang diberikan guru kepada pelajar, sedangkan respon
berupa reaksi atau tanggapan pelajar terhadap stimulus yang diberikan oleh guru
tersebut. Proses belajar itulah yang nantinya akan menghasilkan suatu ilmu yang
bermanfaat.
D. Ruang Lingkup Belajar
Adapun ruang lingkup belajar
secara garis besar dalam konsep islam dibagi menjadi 5, yaitu:
1.
keimanan
2.
akhlak
3.
intelektual
4.fisik
5.psikis
E. Ayat-Ayat Tentang Kewajiban
Belajar
·
Qs Al Mujadalah ayat 11:
يَرْفَعِ اللهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ
أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرُُ
“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di
antaramu dan orang-orang yang diberi ilmupengetahuan beberapa derajat” [Q.s.
al-Mujadalah : 11]
·
Qs Ali Imraan ayat 18:
شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ
وَالْمَلَائِكَةُ وَأُولُو الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ
الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ [آل عمران:18]
“Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan (yang berhak
disembah) melainkan Dia, Yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan
orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan
(yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”
[Ali Imraan : 18]
·
Qs Thaaha ayat 114
وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا [طه:114]
“Dan katakanlah (wahai Nabi Muhammad) tambahkanlah ilmu
kepadaku.” [Thaaha : 114]
·
Qs Az Zumar ayat 9
قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا
يَعْلَمُونَ [الزمر:9]
“Katakanlah, apakah sama antara orang yang mengetahui
dengan orang yang tidak tahu.” [Az Zumar : 9]
Daftar Pustaka :
Komentar
Posting Komentar