RESUME KE-15 MANUSIA MAKHLUK BUDAYA

MANUSIA MAKHLUK BUDAYA
A.   Pengertian  Budaya
                 Kata budaya merupakan bentuk majemuk kata budi-daya yang berarti cipta, karsa, dan rasa. Sebenarnya kata budaya hanya dipakai sebagai singkatan kata kebudayaan, yang berasal dari Bahasa Sangsekerta budhayah yaitu bentuk jamak dari budhi yang berarti budi atau akal. Dalam bahasa Inggris culture. Sedangkan dalam bahasa Latin dari kata colera. Colera berarti mengolah, mengerjakan, menyuburkan, dan mengembangkan tanah (bertani). Kemudian pengertian ini berkembang dalam arti culture, yaitu sebagai segala daya dan aktivitas manusia untuk mengolah dan mengubah alam.
B.   Manusia Sebagai Makhluk Budaya
   Manusia adalah mahluk berbudaya. Manusia sebagai makhluk yang berbudaya tidak lain adalah makhluk yang senantiasa mendayagunakan akal budinya untuk menciptakan kebahagiaan, karena yang membahagiakan hidup manusia itu hakikatnya sesuatu yang baik, benar dan adil, maka hanya manusia yang selalu berusaha menciptakan kebaikan, kebenaran dan keadilan sajalah yang berhak menyandang gelar manusia berbudaya.
     Berbudaya merupakan kelebihan manusia dibanding mahluk lain. Manusia adalah makhluk yang paling sempurna bila dibanding dengan makhluk lainnya, mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk mengelolah muka bumi.  Dengan berbudaya, manusia dapat memenuhi kebutuhan dan menjawab tantangan hidupnya. Budaya yang dapat diwujudkan oleh manusia dalam bentuk pemikiran, perilaku, tingkah laku, hukum, pendidikan, religi, dan ekonomi.
Surat Ar-Rum 41
 ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ
Artinya : Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).
 Pada surat ini dijelaskan bahwa manusia adalah makhluk budaya karena manusia dapat mengubah isi alam dengan tangan mereka yang mengakibatkan kerusakan pada alam.
C.   Manusia Budaya Yang Dikaitkan Dengan Teknologi
  Dalam kehidupannya manusia selalu dihadapkan dengan banyak masalah. Adanya banyak masalah membuat manusia mencari solusi dengan memperpanjangkan tangannya dengan membuat suatu teknologi yang membantu untuk menyelesaikan masalahnya. Dengan adanya teknologi manusia mengunakan akal budinya untuk membuat suatu teknologi yang membantu jalan keluar dalam permasalahannya. Teknologi juga merupakan salah satu hasil pemikiran manusia yang diwujudkan untuk mempermudah solusi dalam kehidupan.


                                       Daftar Pustaka :



Komentar