RESUME KE-11 KEWAJIBAN BELAJAR SEPANJANG HAYAT DALAM ISLAM

                        KEWAJIBAN BELAJAR SEPANJANG HAYAT DALAM ISLAM


  Islam memandang bahwa belajar adalah hak bagi semua orang baik itu laki-laki maupun perempuan dan berlangsung sepanjang hayat hidup manusia ( long life education ). Long life education merupakan kehidupan ini suatu proses belajar yang dimulai manusia sejak lahir hingga manusia itu kehidupannya berakhir. Ciri dari belajar sepanjang hayat yaitu belajar tidak mengenal istirahat, melainkan terus menerus karena tanpa disadari sesengguhnya manusia setiap waktu melakukan belajar. Belajar tidak hanya sekedar membaca, menghitung, menulis sesuatu namun belajar itu adalah dimana kita mendapatkan ilmu dari suatu hal, dari pengalaman, kesalahan diri kita, dan apapun itu. Meskipun kita melakukan kesalahan dalam hidup kita, kita akan mendapatkan sebuah ilmu dimana setelah kita melakukan kesalahan kita akan mengetahui kebenaran yang sesungguhnya. Pengalaman diri kita ataupun pengalaman orang lain akan menghasilkan suatu ilmu yang dapat kita gunakan untuk masa yang mendatang. Jadi banyak cara yang kita dapat gunakan untuk belajar, karena sesungguhnya belajar tidak hanya di sekolah saja namun kita bisa belajar dimanapun dan kapanpun karena ilmu itu kita bisa  dapatkan dari suatu pengalaman dan itu kita dapatkan sepanjang hidup kita.

   “Barang siapa merintis jalan mencari ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga. (HR.Muslim)”

   Menuntut ilmu merupakan ibadah yang mulia bagi seorang muslim karena termasuk jihad dijalan Allah SWT. Menuntut ilmu lebih baik dari pada shalat sunat dan sebaik-sebaiknya seorang muslim yang mempunyai ilmu ia mampu mengamalkan sehingga bermanfaat bagi orang yang ada di sekitarnya. Dan seburuk-buruknya ilmu adalah ia yang tidak mengamalkannya atau lebih memilih untuk merahasiakannya maka seorang tersebut akan datang pada hari kiamat dengan mulut penuh dengan api.

  Islam sangat kuat untuk mendorong manusia agar memiliki ilmu pengetahuan dengan cara menggunakan akalnya untuk berfikir. Dengan ilmu pengetahuan manusia dapat meningkatkan kualitas dirinya untuk meraih berbagai peluang dan kesempatan yang ada. Dan itulah belajar adalah suatu kewajiban sepanjang hayat kita, karena belajar kita mengetahui segala hal dan memperbaiki kualitas hidup kita.



                                                            Daftar Pustaka :


Komentar