RESUME KE-10 KEWAJIBAN BELAJAR BAGI MUSLIM DAN MUSLIMAT

                          KEWAJIBAN BELAJAR BAGI MUSLIM DAN MUSLIMAT

A.    Pengertian Belajar

   Proses perubahan  didalam kepribadian manusia dan perubahan tersebut ditampakan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, ketrampilan, daya pikir dan kemampuan-kemampuan yang lain. Belajar adalah proses dimana suatu aktivitas berasal atau berubah melalui reaksi pada situasi yang ditemui asalkan ciri perubahan aktivitasnya tidak dapat dijelaskan sebagai kecendurungan respon dasar. Belajar merupakan salah satu cara memperoleh kepandaian atau ilmu, berlatih, perubahan tingkah laku, atau tanggapan yang diperoleh dari pengalaman.

B.     Prinsip Belajar Dalam Islam

  Dalam Islam, pengembangan ilmu juga harus didasarkan pada perbaikan dan kelangsungan hidup manusia untuk menjadi khalifah di bumi dengan tetap memegang amanah besar dari Allah SWT. Oleh sebab itu, ilmu harus selalu berada dalam kontrol iman. Ilmu dan iman haruslah berjalan dengan beriringan agar seimbang antara ilmu dan iman. Kita sebagai manusia juga harus mengembangkan imu berdasarkan hukum-hukum islam, sehingga tidak terjadi penyimpangan ilmu terhadap aturan islam dan terjadi ilmu amaliah yang berada dalam jiwa imaniah. Dengan demikian, terlahir teknologi dari ilmu yang bermanfaat bagi umat manusia disepanjang masa. Dan semestinya menjadi tanggung jawab umat islam.

C.     Ayat-Ayat Kewajiban Menuntut Ilmu

1.      Q.S al-Alaq/96: 1-5
Artinya : Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu Yang Menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam, Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.
2.      Q.S al-Ghasyiyah/88:17-20
Artinya : Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan, dan langit, bagaimana ia ditinggikan?Dan gunung-gunung bagaimana ia dihampirkan?
3.      Q.S al-Taubah/9:122
Artinya : Tidak sepatutnya bagi orang-orang yang yang mukmin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan diantara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya.

D.    Kewajiban Belajar

   Dalam Islam, belajar merupakan kewajiban setiap muslim. Dan hasil dari belajar (ilmu) harus diamalkan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Pengalaman ilmu harus dilandasi dengan iman dan nilai-nilai moral. Belajar dalam islam bertujuan untuk memperoleh kesejahteraan umat manusia dan lingkungan dengan motivasi ibadah. Oleh sebab itu, segala aktivitas yang berkaitan dengan ilmu dan pengembangannya harus dipertanggungjawabkan secara moral kepada Allah SWT. Orang-orang yang mempunyai ilmu mendapatkan kehormatan disisi Allah dan Rasul-Nya  yang terdapat dalam Q.S Al-Mujadalah ayat 11, artinya : Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajatnya. Ilmu merupakan cahaya kehidupan kita di dunia dan juga di akhirat. Dengan ilmu kita bias mengetahui dan menyelesaikan segala macam hal yang kita hadapi di dunia. Dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT kita harus juga mengetahui ilmunya, karena kita beribadah tanpa mengetahui ilmunya itu hanyalah sia-sia belaka. Dengan ilmu kita bias beramal dan mendapatkan pahala dari Allah SWT dan itulah yang dapat mengantarkan kita menuju jalan Allah. Maka itulah kita sebagai umat muslim diwajibkan untuk belajar oleh Allah SWT, dengan belajar kita mendapatkan suatu pengalaman-pengalaman baru yang didalamnya terdapat ilmu yang bermanfaat. Dan ilmu tersebut memberi kita petunjuk untuk kebaikan di dunia dan di akhirat.



                                          Daftar Pustaka :



Komentar